Horas.....horas....horas.......!!.... terima kasih atas kunjungannya salam kenal dan kompak selalu..


Rabu, 30 Mei 2012

tv samsung matot tr hor selalu putus dan panas

,kebetulan sy ketemu dgn samsung penyakitnya sama persis seperti artikelnya pak alextro servis.dan berkat bantuan/solusi nyalah tv ini bs hidup.cuma beda tipe.ini makai ic croma TDA 9692ps/....FBT FOK14A001.prog MSP 3495G.ic Ver LA78045.awalnya sih matot.sy cek tr hornya mati.ganti lagi putus lagi.dan terdengar suara cerrr dari fbt sempat sy pikir FBT nya yg rusak memang benar fbt FOK14A001 pun saya beli ke toko dan langsung pasang .tapi masalah belum selesai .....belum ada hasil.saya cek milar nya pun bagus.dioda.ic 431 msh bgs dan saya menduga pasti driver horizontal nya yg bermasalah....anehnya ,,,padahal ndak ada masalah teg oke.nah entah kenapa iseng solderan  pin -16.5v dr fbt sy lepas yg ke dioda menuju ic vertikal tv bisa hidup lama cuma layar ngak penuh setengah diatas normal setengah lagi dibawah gelap...wah apanya neh pikirku .....solderan di pin -16.5v saya coba sambung kembali.dan saya coba sedot solderan teg +16.5v  eh masih sama masalahnya.....sempat berniat mengganti ic vertikalnya saya test masih oke ......dari kesimpulan permasalahan tersebut dimana ada masalah di teg -16.5v saya telusuri aja jalurnya mulai dari diaoda.resistor.zener......dan ketemu lah dioda zener DZ305  dekat ic vertikal tulisannya A22.rupanya sudah short.bingung juga entah nilai berapa volt zener tsb....tanpa pikir panjang saya coba makai dioda 1N4148.dan tv pun saya coba hidupin ...ternyata tv bisa hidup normal sampai 2 jam saya coba......akhirnya tv pun saya tutup lagi....trus panggil yang punya tv biar di jemput......selanjutnya....bayaran deh.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar