Horas.....horas....horas.......!!.... terima kasih atas kunjungannya salam kenal dan kompak selalu..


Kamis, 25 Agustus 2011

Kerusakan regulator polytron/digitec dengan TDA8380 dan BUT11AF

Kebanyakan teknisi (yang masih pemula) mengalami kesulitan untuk memperbaiki kerusakan bagian regulator pada TV polytron/digitec yang menggunakan IC TDA8380. Biasanya ambil jalan pintas dengan memakai power supply serbaguna. Untuk itu, saya mau sharing pengalaman waktu memperbaiki regulator jenis ini.

TV merk Digitec dengan tipe DM2076, dengan keluhan waktu TV dinyalakan listrik langsung putus/trip pada MCBnya. Langsung aja box saya buka, dan saya coba untuk menyalakan, langsung muncul percikan listrik pada bagian regulator, segera saya matikan TVnya.

Saya periksa kaki-kaki pada transistor BUT11AF, menunjukkan short. Segera saya lepas transistor tersebut dan saya periksa memang short. Kemudian saya periksa komponen lain yang rawan rusak yaitu dioda. Ditemukan dioda zener D509 kondisi short. Wah wah, berapa volt ini? Sempat bingung juga. Coba buka-buka arsip skema, ketemu skema tv polytron yang menggunakan IC TDA8380. Pada skema dioda zener bernilai 5 volt. Setelah dioda zener D509 dan transistor saya pasang, coba saya tes, tetap aja regulator belum bekerja.

Kemudian saya ukur pin 5 (VCC) pada IC TDA8380 menunjukkan 0 volt, padahal dari datasheet seharusnya minimal 14 volt pada kondisi normal. Tegangan start pada pin 5 ini diambil dari 300 volt melalui resistor R502 68K. Saya lepas salah satu kaki R502 lalu saya ukur resistansi masih normal. Akhirnya kecurigaan kerusakan pada IC TDA8380, segera saya lepas dan diganti dengan IC baru.

Saya tes dengan harap sudah berhasil, tapi lha dalah belum bekerja juga regulatornya. Saya periksa tegangan pada pin 5 IC TDA 8380 sudah ada sekitar 15 volt. Wah mana lagi yang rusak?? Kemudian saya lacak dari pin 1 ke basis transistor BUT11AF. Pin 1 ini mengeluarkan sinyal yang men-drive basis transistor BUT11AF. Dari pin 1 melewati R513 3,3 ohm lalu R515 1K lalu ke basis TR BUT11AF. Dua resistor tersebut saya periksa, ternyata R513 yang seharusnya 3,3 ohm ditemukan putus. Segera saya ganti resistor tersebut dan saya tes, akhirnya berhasil juga, regulator bekerja dengan normal.

Berikut gambar skema regulator beserta lokasi komponen yang rusak.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar